Kilas Berita
Berita
...

Wabup Said Hasyim Resmikan Kegiatan Car Free Day dan Canangkan Gerakan Selatpanjang Bersih, Sehat dan Rapi, Tumbuhkan Komitmen Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Pengunjung :   Kategori : olahraga,lingkungan-dan-kesehatan, Tanggal : 01 / 03 / 2020

Selatpanjang - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim melakukan peresmian Kegiatan Car Free Day (CFD) dan pencanangan Gerakan Selatpanjang Bersih Sehat dan Rapi dalam rangka menumbuhkan komitmen masyarakat berpartisipasi aktif menjaga kebersihan lingkungan. Kegiatan dipusatkan di Jalan Pramuka, Selatpanjang, Minggu (1/3/2020).
 
Turut hadir bersama Wabup, Mewakili Kapolres Meranti Kasat Lantas AKP. Teguh, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Drs. Irmansyah M.Si, Ketua BKMT Meranti Hj. Syamsiar Said Hasyim, Kabag Kesra Sekdakab. Meranti Hery Saputra SH, Camat Tebing Tinggi Rayan Pribadi,  Perwakilan Satpol PP Meranti, Perwakilan Dinas Perhubungan Meranti, serta ratusan masyarakan peserta Car Free Day.
 
Seperti dijelaskan Camat Tebing Tinggi Rayan Pribadi selaku penyelenggara, mulai hari ini (Minggu.red), Pemerintah Kepulauan Meranti telah menetapkan Lokasi Car Free Day setiap hari minggu di Jalan Pramuka Selatpanjang. Car Free Day akan digelar hingga pukul 9.00 Wib.
 
"Kegiatan ini akan kita gelar tiap minggu dalam rangka memberikan kenyamanan dan keamanan kepada masyarakat yang sedang melaksanakan aktifitas Olagraga bersama keluarga bebas dari gangguan kendaraan bermotor," ujar Camat Tebing Tinggi.
 
Peresmian lokasi CFD tersebut langsung dilakukan oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said  Hasyim disaksikan seluruh masyarakat yang sedang melaksanakan aktifitas olahraga dilokasi Jalan Pramuka Selatpanjang.
 
Kepada seluruh masyarakat Wabup mengaku menyambut baik kegiatan ini karena dengan penetapan lokasi Car Free Day ini tentunya akan memberikan kenyamanan dan keleluasaan bagi masyarakat yang sedang beraktiftas olahraga tanpa khawatir adanya gangguan kendaraan bermotor karena memang dijaga oleh pihak Kepolisian Lalu Lintas Polres Meranti.
 
"Dengan telah ditetapkannya lokasi Car Free Day ini, saya merasa sangat senang dan bahagia melihat masyarakat dapat bebas berolahraga tanpa ada gangguan kendaraan, mari kita manfaatkan moment ini untuk menyehatkan keluarga, Salam Olahraga....," ujar Wabup.
 
Selanjutnya selain meresmikan lokasi Car Free Day, Wakil Bupati Said Hasyim, juga melakukan pencanangan Gerakan Selatpanjang Bersih, Sehat dan Rapi yang disingkat dengan "BERSERI", yang ditandai dengan pengucapan Deklarasi komitmen bersama masyarakat untuk berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan yang dipimpin langsung oleh Wabup.
 
Melalui pencangan program Gerakan Selatpanjang Bersih, Sehat dan Rapi ini, Wabup mengajak masyarakat untuk meningkatkan budaya hidup bersih dan berkomitmen menjaga kebersihan lingkungan khususnya tempat tinggal dengan langkah sederhana tidak membuang sampah sembarangan.
 
"Karena kita ingin Selatpanjang itu senyaman dulu yang terkenal dengan daerah yang bersih, nyaman dengan berbagai kuliner yang nikmat. Oleh karena itu mari bersama kita jaga kebersihan lingkungan menuju Kota Selatpanjang Berseri...," ucap Wabup.
 
Selain itu Wabup juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama membersihkan Kota Selatpanjang yang dikooridinir oleh Dinas terkait, Kecamatan, Lurah, hingga Pemerintahan terkecil RT dan RW. Dengan masifnya upaya menjaga kebersihan lingkungan ini maka diyakini Kota Selatpanjang akan bersih, sehat dan rapi dan mampu meraih ADIPURA ditahun 2021 mendatang.
 
Salah satu cara yang disarankan Wabup kepada masyarakat adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan pemisahan antara sampah basah, sampah plastik, sampah logam/kaca serta sampah kimia.
 
Bagi masyarakat yang aktif melakukan ini, khususnya mengumpulkan sampah plastik yang tanpa disadari memiliki nilai ekonomi tinggi, Pemerintah Meranti akan menghargainya dengan Emas Murni pada Bank Sampah, Wabup menekankan hal ini bukan sekedar janji tapi benar-benar akan direalisasikan.
 
"Semoga dengan penukaran sampah dengan emas ini mampu memotivasi masyarakat untuk mengumpulkan sampah dan tidak membuang sampah sembarangan," pungkasnya. 
 
Sekedar informasi, dalam kegiatan pencanangan Gerakan Selatpanjang Berseri tersebut, Wabup Meranti berkesempatan melakukan Gotong Royong bersama-sama masyarakat untuk membersihkan sampah yang berada dilokasi acara. Kegiatan ditutup dengan penyerahan sejumlah bantuan alat kebersihan oleh Wabup Said Hasyim kepada pelajar Pramuka. (MC Meranti/Humas/Na).