Kilas Berita
Berita
...

Motivasi Peserta MTQ Nasional Asal Meranti, Bupati Irwan Berikan Bantuan

Pengunjung :   Kategori : politik-pemerintahan,sosial-budaya,religi, Tanggal : 19 / 11 / 2020

Padang - Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir berbangga hati saat menjenguk qari' dan qari'ah asal Meranti yang ambil bagian di MTQ Nasional ke-28 di Padang, Sumbar, Kamis (19/11/2020). Ada empat qari dan qari'ah asal Meranti yang mewakili Provinsi Riau di pentas nasional tersebut.
 
Silaturrahmi dengan peserta MTQ Nasional asal Meranti ini digelar di VIP Restoran Sederhana Padang. Ikut hadir Sekretaris Umum LPTQ Provinsi Riau yang juga Kabag Kesra Biro Kesra Pemprov Riau Safwan Muhajir, Plt Kabag Kesra Pemkab Kepulauan Meranti Rudi Hasan dan Kasubag Kesra Setda Kabupaten Kepulauan Meranti Alfian. Juga ikut mendampingi petugas LPTQ Atuk Nasir dan beberapa petugas lainnya.
 
Sementara qari' dan qari'ah asal Meranti yang mewakili Riau di MTQ Nasional tersebut adalah Gusnanda di Cabang Tilawah Tunanetra, Suci Oktaviani Rahmadani di Cabang Tafsir Bahasa Indonesia, Ririn Afriani di Cabang Tafsir Bahasa Inggris dan Zulian Tia di Cabang Karya Tulis Ilmiah Ilmu Qur'an.
 
"Kami mengucapkan terima kasih kepada LPTQ Provinsi yang telah membina dan menjaga anak-anak kami di MTQ Nasional ini. Kami sangat berbangga anak-anak kami bisa tampil di ajang ini," papar Bupati.
 
Menurutnya, Pemkab Meranti menaruh perhatian besar terhadap pengembangan ilmu qur'an terutama untuk cabang-cabang yang dipertandingkan di MTQ. Diantara langkah yang dilakukan adalah dengan mengantarkan sekitar 25 anak Meranti untuk dididik di Qur'an Centre Provinsi Kepri di Batam selama tiga tahun. Selanjutnya mereka dilatih di Bogor selama hampir satu tahun.
 
"Selain mewakili Riau, anak-anak kita ini juga mewakili daerah lain seperti Kepri. Kami berharap lebih banyak anak Meranti mewakili Riau di ajang MTQ nasional," harapnya.
 
Bahkan Irwan menegaskan Meranti juga menerapkan aturan bahwa yang menjadi peserta baik di MTQ kabupaten maupun provinsi, adalah anak asli daerah. Dengan demikian, diharapkan mereka yang berprestasi benar-benar anak daerah.
 
"Alhamdulillah, kita pernah meraih hasil yang sangat baik di MTQ provinsi. Ke depan kita harapkan bisa sama-sama berbenah agar anak-anak kita dapat tampil lebih baik dan mendapatkan pengakuan yang terbaik atas penampilannya," papar Bupati.
 
Sebelum itu Safwan menjelaskan bahwa meski dibatasi situasi pandemi covid-19, LPTQ Riau dapat juga mengirim peserta. Sebelumnya, mereka dilatih di Hotel Alpha Pekanbaru. 
 
"Di akhir pelatihan sempat dilakukan tes swab. Ada beberapa yang positif baik peserta, panitia maupun pelatih sehingga mereka tidak jadi berangkat," ceritanya.
 
Safwan mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi atas perhatian Bupati Kepulauan Meranti yang berkunjung. Menurutnya, meski pembiayan seluruh peserta sudah ditanggung namun kehadiran kepala daerah tentu memberikan semangat bagi para peserta untuk tampil maksimal dan lebih baik lagi ke depan.
 
"Sayang Pak Bupati cuma dua periode dan habis tahun depan. Kalau bisa tiga periode tentu perhatian terhadap pengembangan qur'an ini bisa diteruskan," guraunya.
 
Dalam kesempatan itu, Bupati Irwan juga menyerahkan santunan berup uang tunai kepada para peserta. Sementara untuk pengurus LPTQ dibawakan oleh-oleh khas Meranti berupa kopi liberika, kerupuk sagu, dan sejumlah makanan khas Meranti.
 
"Mudah-mudahan ini bisa buat menambah belanja selama di sini," singkat Bupati.(MC Meranti/Humas/Na).