Kilas Berita
Berita
...

Bupati H.M Adil, Buka MTQ Ke-12 Tingkat Kabupaten Meranti Tahun 2021, Tingkatkan Prestasi Qori dan Qoriah Meranti Diajang Lebih Tinggi

Pengunjung :   Kategori : religi, Tanggal : 01 / 04 / 2021

Selatpanjang - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH, membuka secara resmi MTQ Ke-12 Tingkat Kabupaten Meranti Tahun 2021, kegiatan syiar islam dalam upaya untuk memelihara, mengembangkan, dan meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan, pengamalan Al-Quran ini dipusatkan di Masjid Agung Darul Ulum, Selatpanjang, Kamis (1/4/2021).
 
Turut hadir dalam kegiatab itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar, Ketua DPRD Kab. Kep. Meranti. Ardiansyah, Sekdakab. Meranti H. Kamsol, Anggota DPRD Provinsi Riau Amyurlis, Kakanwil Kemenag Riau di wakili oleh Kabid Penerangan Agama lslam Zakat dan Wakaf Drs.H. Fairuz.MA, Kakan Kemenag Meranti H. Agustiar, Ketua Pengadilan Agama Kab. Kep. Meranti. Dr.Ernal Naofal, Kapolres Meranti yang diwakili Iptu Aguslan, Kajari Kab. Kep. Meranti. Waluyo. SH,MH, Danramil 02/TT Mayor Arm. Bismi Tambunan SE, Danposal Selat Panjang Letda ( L) Jerry Hendra, Kepala OPD Se Kab. Kep. Meranti, Para Kadis, Ketua PKK Meranti Rinarni M. Adil, Wakil Ketua PKK Ny. Ismiatun Asmar, Para Camat, Tokoh Masyarakat/Agama dan lainnya.
 
Kegiatan Pembukaan MTQ Ke-12 Tingkat Kabupaten Meranti Tahun 2021, dengan tema Melalui MTQ XII Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2021 Kita Rajut Pembangunan Berlandaskan Al-Quran Menuju Kepulauan Meranti yang Maju, Cerdas dan Bermartabat. Diawali dengan pengibaran bendera MTQ yang dilanjutkan dengan pelantikan Dewan Hakim oleh Bupati zkep. Meranti yang diketuai oleh H. Rosdaner. Dan penyerahan Piala Bergilir oleh Bupati kepada Ketua Panitia penyelenggara Syamsuddin SH MH untuk diperebutkan dalam ajang MTQ kali ini.
 
Dalam sambutannya Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada LPTQ Kabupaten Kepulauan Meranti, dan panitia pelaksana atas terselenggaranya MTQ ke-12 Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti tahun ini. sebagai salah satu bagian dari upaya peningkatan pembinaan sumberdaya manusia yang telah menjadi agenda pokok program pemerintah. 
 
"pelaksanaan kegiatan ini cukup berat akibat berbagai keterbatasan sebagai dampak dari wabah Covid-19, mulai dampak anggaran hingga dampak sosial di mana orang dibatasi oleh protokol kesehatan.
 
Dikatakan Bupati, pengembangan pendidikan keagamaan termasuk salah satu dari tujuh program strategis pemerintah daerah. Yakni mengaji, menghafal, dan mengamalkan ajaran-ajaran al-qur’an dalam upaya menunjang kemajuan dan martabat daerah. 
 
"Untuk Itu Pemerintah Daerah mendukung sepenuhnya lembaga-lembaga pendidikan yang berbasis al-Qur’an ini. Baik itu pesantren maupun lembaga pendidikan agama lainnya. Kita juga sedang menyusun skema untuk menyediakan beasiswa bagi anak-anak yang belajar di pesantren dan lembaga pendidikan keagamaan atau madrasah," ucapnya.
 
Sebagaimana diketahui, dalam setiap pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi, Kabupaten Kepulauan Meranti pernah cukup diperhitungkan dimana kita pernah meraih juara umum dua. Namun dalam dua kali MTQ Tingkat provinsi terakhir, peringkat kita jauh menurun. Hal ini perlu menjadi perhatian kita bersama. 
 
"Saya yakin dengan rasa kebersamaan, kita dapat membangkitkan kembali dan meningkatkan potensi kafilah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam MTQ Provinsi sehingga bisa mewakili Provinsi Riau di MTQ nasional," ucap Bupati.
Selanjutnya Bupati percaya dan yakin atas potensi yang dimiliki anak-anak Meranti untuk mampu meraih prestasi. 
 
"Sebagai bukti kita mewajibkan seluruh peserta yang bertanding baik MTQ Kecamatan, MTQ Kabupaten maupun MTQ Provinsi harus anak-anak daerah Kabupaten Kepulauan Meranti. Jangan pernah sekalipun menggunakan anak dari luar daerah," paparnya.
 
Untuk meningkatkan kemampuan Qori dan Qoriah Meranti, Pemkab. Meranti telah mengupayakan training centre (TC) atau pemusatan latihan yang intensif bagi qari’ dan qari’ah potensial. Dengan tenaga pengajar profesional agar mampu membina para Qori dan Qoriah meraih prestasi maksimal.
 
Lebih jauh disampaikan Bupati H.M Adil, pelaksanaan MTQ ini sekaligus untuk meninggikan dan memuliakan al-Qur’an. Sesuai Hadis Nabi SAW Karena sesungguhnya Allah mengangkat derajat beberapa kaum dengan kitab ini dan dia akan menghinakan kaum lainnya dengan kitab ini.
 
Kemudian, karena MTQ tahun ini terlaksana di tengah pandemi Covid-19, tak lupa Bupati H.M Adil mengajak kepada semua warga masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti, dan lebih khusus lagi kepada panitia penyelenggara untuk menerapkan protokol kesehatan secara konsisten dan ketat.
 
"Mari bersama kita mendoakan agar wabah ini segera berakhir," harap Bupati.
 
Terakhir Bupati meminta kepada para kafilah dapat menampilkan kemampuan terbaik, sehingga pada akhir pelaksanaan nanti didapat qari’ dan qori’ah terbaik Kabupaten Kepulauan Meranti, yang akan menjadi duta pada MTQ Tingkat Provinsi dan Nasional.
 
"Kepada Dewan Hakim kami berharap dapat melakukan penilaian dengan objektif jujur dan ikhlas sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku. Jangan sampai ada pemenang titipan," ucap Bupati Adil, mengingatkan.
 
"Kepada Dewan Hakim selamat menjalankan tugas dan kepada peserta selamat bertanding semoga meraih prestasi gemilang," pungkas Bupati. 
 
Sebagai apresiasi kepada juara MTQ kali ini Bupati H.M Adil, berjanji akan memberikan Umroh gratis kepada 20 peserta berprestasi. Selain itu kepada Qori dan Qoriah yang sedang menjalani kuliah diperguruan tinggi akan diberikan bea siswa kuliah gratis.
 
Sekedar informasi, Adapun Cabang yang diperlombakan dalam MTQ Tingkat Kabupaten Meranti kali ini meliputi :
1. Cabang Tilawah
-Tartil
-Tikawah Anak dan Dewasa.
2. Cabang Hifzil Quran 
-Golongan 1 Juz-30 Juz.
3. Cabang Tafsir Quran
-Bahasa Arab, Indonesia dan Inggris.
4. Qoril Quran
-Naskah
-Dekorasi
-Hiasan Mushaf
-Kontemporer
5. Cabang KTIQ
6. Fahmil Quran
7. Syarhil Quran.
 
Lokasi Perlombaan :
1. Astaka Utama (Masjid Darul Ulum.
2. Masjid Al-Falah
3. MDTA Al-Khairiyah.
4. Aula Afifa Selatpanjang. ( MC Meranti/Humas/Na).