Kilas Berita
Berita
...

Dikunjungi Bupati H.M Adil, Warga Meranti Tak Ragu Lagi Untuk di Vaksin Covid-19

Pengunjung :   Kategori : politik-pemerintahan,lingkungan-dan-kesehatan, Tanggal : 30 / 05 / 2021

Selatpanjang - Pemerintah Kabupaten Kep. Meranti dalam hal ini Bupati Muhammad Adil SH, kembali melanjutkan program "Ketuk Pintu Layani Dengan Hati" untuk mencapai target Vaksinasi Covid-19 di Kepulauan Meranti, kali ini dilakukan di 3 Kecamatan yakni Kecamatan Pulau Merbau, Kecamatan Rangsang Barat dan Kecamatan Rangsang Pesisir, Minggu (30/5/2021).
 
Turut mendampingi Kepala Dinas Kesehatan Dr. Misri Hasanto, Camat Pulau Merbau Atan Ibrahim, Jubir Gugus Tugas Covid-19 Meranti Fachri, Staf Khusus Bupati Zainuddin, Humas Protokol Meranti dan lainnya.
 
Seperti diketahui, Pemerintah Pusat telah menyalurkan Vaksin Covid-19 untuk wilayah Kabupaten Kep. Meranti sebanyak 17.120 Dosis, dari jumlah itu sebanyak 11476 Dosis telah berhasil disuntikan kepada warganya yang dimulai dari Tenaga Kesehatan, Guru, TNI/Polri, ASN dan warga umum (usia 18-59 serta Manula). Saat ini Vaksin yang tersisa berjumlah 5642 Dosis yang siap disuntikan kepada warga yang belum melaksanakan Vaksinasi.
 
Dari keterangan Tim Gugus Tugas Covid-19 yang juga Kadiskes Meranti Dr. Misri Hasanto, ternyata masih banyak warga Meranti khususnya yang berusia lanjut enggan untuk di Vaksinasi dengan berbagai alasan dan melalui program "Ketuk Pintu Melayani Dengan Hati" yang dilakukan oleh Bupati H.M Adil terbukti berhasil menepis keraguan warga terhadap Vaksin Covid-19.
 
Sesampainya di Kecamatan Pulau Merbau rombongan Bupati H.M Adil disambut oleh Camat Atan Ibrahim yang selanjutnya langsung menuju lokasi Vaksinasi. Rumah warga pertama yang dikunjungi Bupati H.M Adil dan rombongan adalah Kediaman Khalifah Kiyai Benyamin di Desa Semukut, dilokasi ini Bupati bersama Tim Gugus Tugas melakukan silahturahmi sekaligus sosialisasi dan edukasi tentang manfaat Vaksin Covid-19 dalam melindungi warga Meranti dari Virus Covid-19, dimana dengan Vaksinasi akan memutus mata ratai penularan Virus sekaligus mengurangi resiko kematian bagi warga yang terpapar Covid-19.
 
Pantauan media, setelah mendengarkan penjelasan dari Bupati H.M Adil bersama Tim Gugus Tugas, masyarakat yang sebelumnya masih ragu untuk melaksanakan program prioritas Nasional ini menjadi mengerti dan bersedia di Vaksinasi.
 
Lokasi kedua yang dikunjungi adalah kediaman Imam Masjid H. Sadikin yang juga berada di Desa Semukut, dilokasi ini ternyata Bupati H.M Adil bersama Tenaga Kesehatan sudah ditunggu oleh belasan Imam Masjid yang siap untuk di Vaksin.
 
Dari keterangan Kiyai Zarkoni (70) Vaksinasi yang dilakukannya hari ini adalah atas kesadaran sendiri dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mengatasi dan melindungi masyarakat dari Virus Covid-19. Selesai di Vaksin tokoh agama setempat ini mengaku tidak mengalami masalah apapun selain sedikit nyeri saat disuntik.
 
"Saat disuntik sedikit nyeri tapi setelahnya tidak ada apa-apa, rasa badanpun seperti biasa," akunya.
 
Hal senada juga dikatakan oleh H. Sadikin dan para imam masjid lainnya yang juga mengikuti Vaksinasi saat itu.
 
Lokasi terakhir yang dikunjungi oleh Bupati H.M Adil di Pulau Merbau adalah Puskesmas Semukut yang menjadi pusat Vaksinasi diwilayah ini, disitu berkat sosialisasi dan edukasi yang baik dari Tim Gugus Tugas warga tidak ragu lagi untuk di Vaksin terbukti dengan banyaknya antrian warga untuk melaksanakan Vaksinasi. Dari pantauan Media secara keseluruhan proses Vaksinasi di Kecamatan Pulau Merbau saat itu berjalan dengan aman dan lancar.
 
Kemudian Bupati H.M Adil, berpesan kepada Camat, Kades dan semua yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas untuk terus mengawal pelaksanaan Vaksinasi diwilayahnya masing-masing. Selain melakukan pelayanan di Puskesmas Tim Gugus Tugas juga diminta untuk mendatangi rumah-rumah warga khususnya para manula hingga target Vaksinasi sesuai intruksi Presiden RI kepada Kepala Daerah Se-Indonesia dapat tercapai. 
 
Usai melihat dan mengawal proses Vaksinasi kepada warga Pulau Merbau, Bupati H.M Adi dan rombongan langsung menuju Kecamatan Rangsang Barat dan Rangsang Pesisir dilokasi ini Bupati bersama Tim Gugus Tugas langsung mendatangi rumah-rumah warga untuk dilakukan Vaksinasi. Seperti halnya di wilayah Pulau Merbau, kedatangan Bupati disambut baik oleh warga dan bersedia untuk dilakukan Vaksinasi.
 
Kedepan dengan telah di Vaksinya seluruh warga Meranti usia 18-59 Tahun hingga Manula, Bupati H.M Adil berharap dapat memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19 di Kepulauan Meranti, dan yang paling penting dapat menekan angka kematian warga akibat Covid-19. 
 
Satu hal yang penting dihadapan tokoh masyarakat Bupati H.M Adil tak bosan-bosannya mengingatkan untuk mematuhi Protokol Kesehatan secara konsisten dengan melaksanakan gerakan 5 M yakni Memakai masker, Mencuci Menjaga Jarak, Mencuci Tangan, Menghindari Kerumunan dan Membatasi mobilitas. ( MC Meranti/Humas/Na)