Kilas Berita
Berita
...

Bupati H.M Adil Buka Kegiatan Managemen Skill Training (MTS) Bagi Kepala Sekolah

Pengunjung :   Kategori : politik-pemerintahan, Tanggal : 15 / 07 / 2021

Selatpanjang - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil SH, membuka sekaligus mengikuti acara Managemen Skill Training (MTS) bagi Kepala Sekolah dilingkungan Pemkab. Meranti, kegiatan dalam rangka meningkatkan pengetahuan Kepala Sekolah tingkat SD agar mampu membuat program yang efektif dan efieisn serta dapat mengelola managemen sekolah yang baik untuk meningkatkan mutu dan layanan pendidikan di Meranti, digelar di Ballroom Afifa, Kamis (15/7/2021).
 
Hadir dalam acara Plt. Kepala Dinas Pendidikan Meranti Agusyanto S.Sos M.Si, Kabid Dikdas Syafrizal SPd M.Si, Dewan Pengawas Sekolah serta Kepala Sekolah Tingkat SD Se-Kabupaten Meranti, dan lainnya.
 
Seperti disampaikan oleh ketua panitia, Siti Zahrah, setiap Kepala Sekolah di Meranti harus dapat mengikuti perkembangan pendidikan terkini untuk diaktualisasikan disekolah khususnya kepada peserta didik, sehingga sekolah yang dipimpin mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan pendidikan saat ini.
 
Dikatakan Siti Zahrah, hal itu yang medasari dlaksanakannya kegiatan Managemen Skill Training yang digelah oleh Dinas Pendidikan Meranti, ia berharap melalui pelatihan tersebut Kepala Sekolah mampu membuat program sekolah secara efektif dan efisen sesuai dengan kebutuhan sekolah sekaligus mampu melaksanakan tugas pokoknya dalam mengelola managemen sekolah guna peningkatan layanan dan kualitas pendidikan di Kep. Meranti untuk mendukung terwujudnya Visi Misi Meranti yang Maju, Cerdas dan Bermartabat.
 
Menyikapi kegiatan tersebut, Bupati H.M Adil, menilai kegiatan ini sangat tepat dan strategis dalam mendukung suksesnya Visi Misi Meranti khususnya Meranti "Cerdas", untuk itu ia berharap dengan dilaksanakannya pelatihan untuk peningkatan Skill Kepala Sekolah tersebut mampu mendongkrak peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) khususnya di bidang pendidikan.
 
Seperti diketahui dari data yang dikeluarkan oleh BPS Meranti, tingkat rata-rata pendidikan di Meranti hanya sampai kelas 1 SMP. Hal ini sangat merisaukan pasangan Bupati dan Wakil Bupati H. Adil-H. Asmar dengan memasukan masalah pendidikan di Meranti sebagai salah satu program strategis yang harus dibenahi.
 
Tak main-main untuk peningkatan SDM Pemkab. Meranti memberikan beasiswa gratis kepada anak-anak Meranti cerdas yang ingin melanjutkan pendidikan SI, S2 dan Doktoral. Dimana tiap Desa akan dijatahi 50 orang Sarjana dengan total anggaran sebesar 50 Miliar.
 
Iapun berharap dengan diselenggarakannya acara itu, semua Kepala Sekolah mampu memainkan perannya dengan baik mulai dari perencanaan, koordinasi, pengawasan serta pengendalian disekolah yang dipimpin, sehingga dapat memberikan layanan pendidikan yang berkualitas kepada peserta didik.
 
Selanjutnya untuk mengoptimalkan layanan pendidikan prima, Kepala Sekolah juga dituntut untuk menjalin kejasama yang baik dengan guru, wali murid dan masyarakat.
 
"sehingga peran sekolah dapat terlaksanan secara efeitf dan efisien dalam mendukung Visi dan Misi Pemkab. Meranti menuju Meranti Maju, Cerdas dan Bermartabat," ucap Bupati.
 
Terakhir Bupati H.M Adil, mengintruksikan kepada Dinas Pendidikan berkoordinasi dengan Desa dan Kecamatan untuk mendata warga Meranti yang putus pendidikan untuk mengikuti Paket A, B dan C. Dengan begitu dapat mendongkrak rata-rata lama sekolah masyarakat Meranti. Serta mendukung program Smart City yang berbasis Teknologi Informasi.
 
"Jadi selain mampu memberikan pelayanan pendidikan yang baik para guru juga wajib menguasai IT agar tidak ketinggalan," pungkas Bupati. ( MC Meranti/Na).