Kilas Berita
Berita
...

Pendidikan Kader Pengawasan (SKPP) Kepulauan Meranti, Siak dan Pekanbaru di mulai

Pengunjung :   Kategori : politik-pemerintahan, Tanggal : 10 / 09 / 2021

Siak Sri Indrapura - Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) tingkat Dasar Provinsi Riau telah resmi dibuka langsung oleh Anggota Bawaslu Republik Indonesia Moch. Afifudin, S.Th.I.,M.Si Tepatnya di Grand Mempura Hotel, Siak Sri Indrapura (Jum’at, 10/09/21).

Moch. Afifudin dalam sambutannya mengatakan “ini adalah salah satu gerakan Bawaslu untuk melahirkan kader – kader Pengawas yang nantinya turut berpartisipasi untuk membumikan Pengawasan Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan”.

Ketua Bawaslu Provinsi Riau Rusidi Rusdan mengatakan “kegiatan SKPP di Provinsi Riau ini dilaksanakan di tiga daerah yang menjadi titik zona kegiatan. Sebelumnya telah kita laksanakan di Kabupaten Kampar yang menjadi zona pertama untuk peserta Kabupaten Kampar dan Kabupaten Kuantan Singingi, Siak zona kedua pesertanya berasal dari Kabupaten Kepulauan Meranti, Siak dan Pekanbaru, dan zona terakhir akan dilaksanakan di Kota Dumai”, Katanya.


“SKPP ini adalah salah satu andalan Bawaslu untuk mewudkan visi Bawaslu yaitu menjadi Lembaga Pengawas Pemilu Tepercaya. Bawaslu ingin Masyarakat turut mengambil peran untuk mewujudkan penyelenggaraan Pemilu yang transparan, bermartabat, dan berkualitas. Tambah rusidi dalam sambutannya.

Wakil Bupati Siak Bapak Husni Merza sangat mengapresiasi pelaksanaan Kegiatan SKPP ini. “kami atas nama Pemerintah Kabupaten Siak mengucapkan banyak terima kasih kepada Bawaslu yang sudah mempercayakan dan memilih Kabupaten siak menjadi salah satu zona pelaksanaan SKPP 1 dari 100 titik dan langsung dihadiri oleh Bawaslu Republik Indonesia, ini patut kita syukuri”. Ucap beliau dalam sambutannya.

Bupati Kepulauan Meranti, H. Muhammad Adil., SH dalam sambutannya menyampaikan menyambut baik adanya SKPP ini. “Kegiatan ini merupakan momentum yang sangat baik, wadah yang tepat untuk proses sosialisasi dan transfer pengetahuan serta keterampilan pengawasan pemilu sehingga masyarakat akan dilibatkan dalam pengawalan demokrasi ujarnya. Saya berharap agar melalui SKPP inu dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pengawasan bagi kader pengawas dan pemantau pemilu serta sarana berbagi pengetahuan dan keterampilan partisipasi masyarakat untuk memilih dalam pemilu yang akan datang. Kami juga berharap dengan dilaksanakan nya Sekolah Kader Pengawas Partisipatif oleh Bawaslu RI tersebut, akan menopang dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan penyelenggaraan Pemilu yang bermartabat. Saya berharap agar kader yang mengikuti kegiatan ini benar-benar membantu terselenggaranya proses pemilihan umum, dari awal hingga akhir, sehingga akan lahir pemimpin yang bermartabat, adil dan jujur.

Acara Pembukaan SKPP yang berlangsung kurang lebih 1 jam ini, juga tampak hadir Ketua dan Anggota Bawaslu Riau, Bupati Kepulauan Meranti, Wakil Bupati Siak, Kapolres Siak dan unsur TNI, Forkopimda Kabupaten Siak, Ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten Kepulauan Meranti, Siak dan Kota Pekanbaru, Ketua KPU Siak dan para awak media.( MC Meranti/Na)