Kilas Berita
Berita
...

Pengukuhan DPC IWAPI Meranti, Bupati Ajak Bersinergi dengan Pemkab

Pengunjung :   Kategori : politik-pemerintahan,sosial-budaya, Tanggal : 31 / 10 / 2022

Pengukuhan DPC IWAPI Meranti, Bupati Ajak Bersinergi dengan Pemkab

MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH, MM menghadiri sekaligus mengukuhkan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Kepulauan Meranti Periode 2022-2027 di Aula Kantor Bupati, Senin (31/10/2022).

Ketua umum DPD IWAPI Provinsi Riau Hj. Maryenik Yanda, SH mengatakan IWAPI adalah organisasi profesi, tempat tergabungnya wanita-wanita pengusaha di Indonesia, termasuk Kabupaten Kepulauan Meranti.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, 64,5 persen Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di indonesia dikelola oleh perempuan. 

"Artinya roda perekonomian di negara kita perempuan ikut serta mendongkrak dalam penguatan ekonomi. Untuk itu, saya berharap dukungan kita bersama dalam mewujudkan para pengusaha perempuan di Kepulauan Meranti," ujarnya.

Bupati H.M Adil mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya DPC Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Kepulauan Meranti Periode 2022-2027. Dia berharap pertumbuhan ekonomi di Meranti dapat terus tumbuh dan berkembang dengan hadirnya wanita kreatif dan inovatif di organisasi tersebut.

"Saya berharap seluruh pengurus dapat melaksanakan tugas dan kewajiban dengan penuh rasa tanggung jawab, serta mendukung pembangunan ekonomi di Kabupaten Kepulauan Meranti," ujarnya.

Melalui momentum ini, kata bupati, hendaknya IWAPI sebagai wadah dari para pengusaha perempuan Meranti, mampu berkontribusi secara optimal dan profesional. Tidak hanya dalam kehidupan berorganisasi, namun juga dalam pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat.

"Jalin juga kerjasama dengan organisasi lain, untuk sama-sama membangun ekonomi masyarakat," harap Bupati.

Kedepan dia berharap, program IWAPI bisa bersinergi dan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, khususnya dalam meningkatkan UMKM. Dengan jaringan-jaringan yang dimiliki, Pemkab akan membantu UMKM agar semakin berkembang dan meningkat.

"Mari sama-sama bersinergi untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti," tutup Adil.

Sebelumnya, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hj. Rinarni membuka Musyawarah Cabang (Muscab) Dewan Pengurus Cabang (DPC) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2022 di Aula Kantor Bupati, Senin (31/10/2022) pagi.

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Kabupaten Kepulauan Meranti Hj. Rinarni mengatakan, dengan hadirnya IWAPI di Kepulauan Meranti diharapkan dapat mewadahi para wanita yang ingin terjun dalam dunia usaha, misalnya dalam hal edukasi perizinan usaha.

"Saya harap IWAPI mampu memfasilitasi UMKM meranti agar usaha mereka bisa berkembang," harap Rinarni.

Selain untuk pengembangan usaha, Rinarni juga berharap IWAPI Meranti bisa membantu memfasilitasi para UMKM untuk memperoleh dana segar dari beberapa perbankan. Serta bisa menjadi mitra pemerintah daerah dalam mewujudkan visinya, yakni meranti maju, cerdas dan bermartabat.

"Selamat melaksanakan Muscab, semoga IWAPI Meranti dapat merumuskan program kerja yang berorientasi pada kesejahteraan pengusaha wanita di Kepulauan Meranti," tutupnya.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Ketua Kadin Kepulauan Meranti, Pimpinan Forkopimda, Kepala OPD, Pengurus DPC IWAPI Kabupaten, Pengurus GOW Kabupaten, Ketua Organisasi Wanita Se-Kabupaten, Pimpinan perbankan, dan Undangan.