Kilas Berita
Berita
...

Wabup Sambut Kunker BNN Provinsi Riau

Pengunjung :   Kategori : politik-pemerintahan,sosial-budaya, Tanggal : 01 / 11 / 2022

Wabup Sambut Kunker BNN Provinsi Riau 

MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H. Asmar menyambut Kunjungan Kerja (Kunker) Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Riau Brigjen Pol. Robinson D.P. Siregar, S.H., S.I.K. Beserta rombongan di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kunjungan dalam rangka implementasi Inpres Nomor 2 tahun 2020 dalam penanganan permasalahan narkotika dan prekursor narkotika serta perwujudan program desa bersinar dibuka oleh Wabup H. Asmar di Aula Gedung Hijau Kantor Bupati, Selasa (01/11/2022).

“Selamat Datang dan terimakasih kepada Bapak Kepala BNN Provinsi Riau Bapak Brigjen Pol Robinson DP Siregar, S.H., S.IK Beserta rombongan di Kabupaten Kepulauan Meranti," ucap Wabup

Dengan terlaksananya kegiatan Kunker sekaligus silaturrahim pada hari ini, akan terbangun sinergitas antara BNN Provinsi Riau dengan Instansi Pemerintah, swasta, lingkungan pendidikan dan stakeholder lainnya guna mewujudkan Provinsi Riau khususnya Kabupaten Kepulauan Meranti, bersih dari narkoba.

Peredaran dan penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu permasalahan nasional yang dipandang serius oleh Pemerintah pusat maupun Daerah, karena narkoba dapat menyebabkan rusaknya moral Bangsa. Oleh karena itu Pemkab Meranti sangat memberikan perhatian terhadap penanganan atas penyalahgunaan narkoba ini.

"Untuk itu diperlukan upaya yang terpadu dan komprenhensif dari berbagai komponen masyarakat dan Pemerintah serta dunia usaha untuk mengindahkan masyarakat dari resiko penyalahgunaan adiksi narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya," tambah Asmar.

Dengan terlaksananya program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Kepulauan Meranti diharapkan dapat terwujud Desa Bersih Narkoba (Desa Bersinar) yang bertujuan untuk menciptakan kondisi aman dan tertib bagi masyarakat desa dan kelurahan, sehingga masyarakat desa bersih dari penyalahgunaan narkoba.

"Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait dan seluruh lembaga dari pusat sampai daerah atas kerjasama ini, semoga kita semua optimis bahwa di masa depan permasalahan yang dihadapi oleh negara kita akan membuahkan hasil," tutup Wabup H. Asmar.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Riau Robinson Siregar mengatakan tujuan kunjungannya ke kabupaten Meranti pertama dalam rangka silaturrahmi kedua menyampaikan program kerja BNN Riau berkaitan dengan implementasi Inpres nomor 2 tahun 2020 tentang rencana aksi pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika atau P4GN.

“Kami sangat peduli terhadap bahaya peredaran penyalahgunaan narkotika, Indonesia berada dalam situasi darurat narkoba, dimana kejahatan narkotika merupakan sebuah kejahatan ekstra dan disebut kejahatan lintas negara, dimana wilayah sebarannya tidak hanya dikota namun telah menyasar hingga di tingkat desa. Beberapa daerah rawan dalam penyebaran narkotika memerlukan perhatian bersama dan membutuhkan penanganan yang komprehensif," jelas Robinson.

Sambungnya, Maka dari itu Riau merupakan lokasi yang sangat strategis, selain itu berbagai langkah antisipasi terus dilakukan pihak BNN dalam memutus penyebaran narkotika, termasuk dengan sosialisasi dan membentuk program desa bersinar yang tujuannya adalah membentuk ketahanan yang kuat dari tingkat desa.

Hadir dalam aksi P4GN tersebut, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul LTG, Perwakilan Kajari Kasi Intel Tiyan Andesta, Perwakilan Dandim 0303 BKS, Danramil 02 Tebing Tinggi Kapten Arh Isnanu, Danposal selatpanjang Letda Justin, staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan Mahdi, Para Pimpinan OPD, Camat se- Kabupaten, dan Undangan.