Kilas Berita
Berita
...

Arus Mudik Lebaran Tahun Ini Diprediksi Meningkat

Pengunjung :   Kategori : transportasi, Tanggal : 03 / 06 / 2019

MERANTI - Arus mudik lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah/2019 Masehi, melalui angkutan kapal penumpang di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, diprediksi akan mengalami peningkatan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepulauan Meranti, Dr H Aready SE MSi mengatakan, prediksi tersebut sudah dibahas dalam rapat koordinasi tentang monitoring arus mudik dalam pekan lalu antara Pemda dengan KSOP, Kepolisian, dan stakeholders terkait lainnya.

Katanya, prediksi turun-naik penumpang pada tahun ini berkisar 13 sampai 15 persen. Dimana, 14 persen merupakan penumpang naik dan 8 persen penumpang turun.

"Monitoring angkutan lebaran tahun 2019 sudah dimulai. Selain itu, secara bersama kita juga mulai mempersiapkan fasilitas transportasi dan personil yang melakukan pemantauan," ungkap Aready

Lebih lanjut, dia membeberkan bahwa pada tahun 2018 lalu, di posko pelabuhan Tanjung Harapan tercatat jumlah penumpang datang 28.218 orang, dan penumpang pergi 24.374 orang.

Sedangkan di posko pelabuhan Tanjung Samak, jumlah penumpang datang 5.736 orang dan penumpang pergi 4.490 orang. Posko Pelabuhan Teluk Belitung, jumlah prnumpang datang 1.531, jumlah pergi 1.324 orang.

"Jadi, di tahun lalu itu total penumpang yang datang 35.485 orang dan penumpang pergi 30.188 orang," sebutnya.

KSOP Selatpanjang, sebagaimana disampaikan Petugas Angkutan Laut, Ade Kurniawan kepada wartawan menyebutkan aktifitas turun naik penumpang dari pelabuhan Tanjung Harapan Selatpanjang, saat ini mulai mengalami peningkatan.

"Dari pantauan kita, sejak beberapa hari belakangan ini arus penumpang di terminal Tanjung Harapan mulai meningkat dari hari biasanya," ujar Ade.

Untuk diketahui, sebagaimana dipaparkan dalam rakor tersebut kemarin, kapal angkutan penumpang di perairan Kepulauan Meranti dipastikan tersedia  melayani penumpang.

Dimana, ada sebanyak 23 armada kapal lokal atau regional dengan kapasitas 1.653 tempat duduk. Sedangkan armada nasional ada 20 kapal yang bisa menampung 5.544 penumpang. Sementara untuk armada internasional sebanyak 1 kapal dengan kapasitas 148 tempat duduk.(humas/015)