Kilas Berita
Berita
...

Pemkab Meranti Usulkan Tarif Terpadu ke Dishub Provinsi

Pengunjung :   Kategori : transportasi, Tanggal : 03 / 06 / 2019

MERANTI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, melalui Dinas Perhubungan (Dishub) mengusulkan tarif terpadu ke Provinsi, Riau, terkait pengoperasian Roll on Roll off (RoRo) dari Desa Insit Kecamatan Tebing Tinggi menuju pelabuhan Buton Kabupaten Siak.

Pemkab Meranti terus mengupayakan agar armada pembuka akses ke Riau daratan tersebut dapat segera beroperasi sebelum lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah/2019 Masehi.

Kepala Dishub Kepulauan Meranti, Dr H Aready SE MSi, Senin (27/5/2019) mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengusulkan tarif terpadu ke Provinsi Riau terkait tarif penyeberangan RoRo Insit-Buton.

"Usulan ini berdasarkan kebanyakan penumpang didominasi dari Buton ke Selatpanjang. Kemudian, untuk tarif lokal dari Pecah Buyung ke Insit, kita yang menentukan. Akan kita umumkan dalam waktu dekat," ungkapnya.

Tambah dia, jarak tempuh RoRo tersebut sepanjang 32 mil, dengan lama perjalanan diperkirakan sekitar 3 jam setengah.

Aready juga menjelaskan, untuk regulasi penetapan rute RoRo merupakan tanggungjawab dari Kementerian Perhubungan. Sedangkan terkait regulasi restribusi merupakan wewenang dari Dinas Perhubungan Provinsi.

Upaya Pemkab Meranti dalam membuka aksesbilitas daerah akan segera terwujud, jika tidak ada aral melintang sebelum Lebaran Idul Fitri 1440 H Pelabuhan Roll on Rol off (RoRo) Desa Insit Laut Kecamatan Tebing Tinggi, penghubung Pelabuhan Buton Kabupten Siak dan Pulau Tebing Tinggi Kepulauan Meranti siap dioperasikan.

Sebelumnya, dari hasil peninjauan rombongan Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim mendapati fisik gedung pelabuhan RoRo Insit laut lengkap dengan lampu penerang yang dibangun dengan Dana APBN Tahun 2017-2018 sebesar 140 Miliar sudah tuntas 100 persen. Tinggal lagi jalan penghubung antara pelabuhan dengan jalan utama sepanjang kurang lebih 8 Meter masih terkendala, selain itu Pemkab Meranti juga akan menggesa pekerjaan kontruksi peningkatan Jalan M. Yakup Insit laut sepanjang 1,3 KM dan Lebar 10 M yang menjadi jalan akses menuju pelabuhan untuk menuntaskannya Pemkab Meranti telah menyiapkan anggaran sebesar 10 Miliar.

"Saat ini pekerjaan kontruksi peningkatan Jalan M. Yakup Insit Laut sepanjang 1,3 KM sudah mulai dikerjakan, diprediksi pembangunan dapat dituntaskan sesuai target," ungkapnya. (humas/004)